Bapenda Muara Enim MoU dengan Kejari Muara Enim Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara
0 Komentar 127 pembaca
Kemarin (5/2) Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Muara Enim Melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Muara Enim Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara, bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim.

Bapenda Muara Enim MoU dengan Kejari Muara Enim Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara

Berita

Muara Enim, Berita | Bapenda Muara Enim -- Kemarin (5/2) Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Muara Enim Melaksanakan Memorandum of Understanding(MoU)  dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Muara Enim Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara, bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim.

Kaban Bapenda Muara Enim, H. Rinaldo, S.STP, M.Si menandatangani langsung perjanjian tersebut bersama Kepala Kejari Muara Enim, Mernawati, SH. Turut hadir Pejabat Struktural dan Fungsional Kejaksaan Negeri Muara Enim, Pegawai Badan Pendapatan Daerah Muara Enim.

"Terlaksananya Perjanjian ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk meningkatkan penerimaan Pendapatan Daerah. Penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama (PKS) ini adalah merupakan penandatanganan kembali Naskah PKS yang telah dilakukan pada tahun 2016 antara Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Muara Enim dengan Kejaksaan Negeri Muara Enim yang telah berakhir pada tahun 2018 yang lalu,"Ucap Kepala Bapenda pada penyampaian sambutannya.

Lanjutnya, H. Rinaldo mengatakan diadakannya perjanjian ini agar terjalinnya sinergitas antara Badan Pendapatan Daerah dan Aparat Penegak Hukum dalam pendampingan dan penegakan hukum khususnya terkait dengan Peraturan Daerah dengan tujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga kendala yang akan terjadi dalam melakukan pendataan objek pajak dan penagihan terhadap penunggak pajak akan dapat diatasi sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

H. Rinaldo menyampaikan tidak hanya pada kegiatan pendataan dan penagihan pajak, kita juga akan bekerjasama dalam melakukan kegiatan intensifikasi dan ekstensifikasi terhadap sumber Pendapatan Daerah yang ada dalam Kabupaten Muara Enim dengan tetap memperhatikan tingkat perekonomian masyarakat dan dunia usaha, khususnya bagi masyarakat yang bergerak pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Menurutnya, sumbangsihnya pajak masih relatif kecil namun penerimaan PAD secara terus menerus mengalami peningkatan, dan perlu disampaikan bahwa 10 % dari nilai PAD tersebut dikembalikan kepada Desa dalam bentuk Alokasi Dana Desa (ADD).

"Untuk itu dalam pelaksanaan pemungutan 11 jenis Pajak Daerah tersebut baru dapat dilaksanakan 10 jenis pajak mengingat Pajak Parkir yang dikelola secara khusus oleh pihak Swasta seperti parkir 6 mall belum ada di Muara Enim. Pajak yang merupakan kewajiban tidak langsung kepada Negara/Daerah sifatnya memaksa akan efektif apabila dilaksanakan dengan dasar hukum yang jelas, petugas yang trampil, dilengkapi sarana prasarana serta ditunjang oleh aparat penegak peraturan itu sendiri,"Ujarnya.

Diakhir, H. Rinaldo berharap dengan pendatanganan perjanjian kerjasama di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara pada hari ini, sangatlah tepat untuk mendukung peningkatan penerimaan PAD, walaupun dalam pelaksanaannya tetap mengedepankan pelayanan dan kenyamanan wajib pajak.

Admin Bapenda Muara Enim (R-)

Author

Badan Pendapatan Daerah
Profil Badan Pendapatan Daerah

Admin Badan Pendapatan Daerah

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook